Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Vokal Kelas XI Dengan Menggunakan Media Iringan MIDI di SMKN 1 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15055Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matapelajaran seni dengan merapkan media iringan MIDI. Adapun rumusan masalah yang telah disusun oleh peneliti adalah : “Apakah dengan menggunakan media iringan midi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar seni siswa Kelas XI SMKN 1 Pekanbaru. Penelitian ini diterapkan di SMKN 1 Pekanbaru, di Kelas XI, sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah tahun 2022 pada semester ganjil. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI sebanyak 34 orang siswa. Analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menentukan aspek-aspek yang diamati pada masing-masing indicator hasil belajar. Hasil penelitian pada bab vocal yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media iringan midi dapat meningkatkan motivasi dab hasil belajar seni siswa Kelas XI SMKN 1 Pekanbaru mata pelajaran seni. Jika motivasi belajar vokal siswa meningkat akan berkesinambungan dengan hasil belajar vokal siswa yang juga akan ikut meningkat. Terbukti dari hasil belajar vokal setiap siklus, dari 34 siswa yang mengikuti proses belajar vokal dengan menggunakan media iringan midi, 40% mempunyai nilai >75 pada pra siklus, meningkat menjadi 50% pada siklus I, dan 90% mendapatkan nilai >75 pada siklus IIDownloads
Published
2023-05-28
How to Cite
Suryono, S. (2023). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Vokal Kelas XI Dengan Menggunakan Media Iringan MIDI di SMKN 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 208–214. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15055
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Suryono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).