Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru Pada SDN Roja 1
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14972Abstract
Melalui kegiatan supervisi kepala sekolah dapat memberikan bimbingan, motivasi dan bantuan teknis kepada guru yang mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapatmeningkatkan profesional guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan supervise yang meliputi program, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala SDN Roja 1. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan pengawas. Data dianalisis dengan cara mereduksi, display, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penyusunan program supervisi dilakukan pada setiap awal tahun , 2) Supervisi dilaksanakan berdasarkan jadwal yang telah ditentukan oleh tim pelaksana supervisi. 3) Evaluasi supervisi dilaksanakan padasetiap akhir semester, 4) Faktor pendukung pelaksanaan supervisi adalah guru menanggapi secara positif tentang pelaksanaan supervisi, terjalinnya hubungan yang baik antara guru dengan guru dan kepala sekolah dengan guru dan timbulnya kesadaran guru untuk meningkatkan kemampuannya. Sedangkan hambatan-hambatannyaadalah adanya guru yang tidak hadir waktu pelaksanaan supervisi yang disebabkan karenasakit, izin dan mengikuti pelatihan, adanya guru yang gugup ketika dilakukan supervisi dankesibukan kepala sekolah dan guru.Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah dan Profesional Guru.Downloads
Published
2023-05-25
How to Cite
H. Ali, J. . (2023). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru Pada SDN Roja 1. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 201–207. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14972
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Jamilah H. Ali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).