Peran Wartawan Dalam Mempromosikan Wisata Melalui Bentuk Berita Pada Media Sosial Instagram Instansi Berita Harian @Bisniscom.Sumbagsel
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14961Abstract
Penelitian ini berjudul “Peran Wartawan dalam Mempromosikan Wisata Melalui Bentuk Berita Pada Media Sosial Instagram @Bisniscom.sumbagsel”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran wartawan dalam mempromosikan wisata melalui bentuk berita yang dilihat dari media sosial Instagram instansi berita Bisnis Indonesia Sumbagsel yaitu @Bisniscom.sumbagsel. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai empat orang jurnalis Bisnis Indonesia Sumbagsel secara langsung sebagai informan, studi kepustakaan, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul akan dianalisis melalui tiga tahap yaitu, mereduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan yang disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori peran wartawan dari berbagai ahli dan teori promosi Basu Swastha dan Irawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mempromosikan wisata termasuk peran wartawan dalam melakukan tugasnya. Bisnis Indonesia Sumbagsel sangat berperan sebagai media informasi dengan mempromosikan informasi wisata melalui berita yang mereka buat dan dapat dijadikan sebagai referensi masyarakat yang hendak plesiran. Tidak hanya sebagai bahan referensi, tetapi juga berita wisata dapat menjadi media hiburan dan memiliki peran penting sebagai kontrol sosial bagi khalayak ramai. Dengan keberadaan sosial media Instagram sangat mempermudah instansi berita seperti Bisnis Indonesia Sumbagsel dalam mempublikasikan berita melalui Instagramnya yaitu @bisniscom.sumbagsel. Bisnis Indonesia juga melakukan metode promosi agar berita wisata yang dibuat mendapatkan banyak pengunjung yaitu dengan menggunakan metode memberitahu dan membujuk. Bisnis Indonesia Sumbagsel diharapkan tetap selalu update berita mengenai informasi wisata secara up to date, akurat berdasarkan realita yang sebenarnya, dan terus meningkatkan kualitas berita wisata dengan selalu update video konten wisata di Instagram maupun sosial media lainnya agar bisa membantu pemerintah dalam hal meningkatan kunjungan wisata di Sumatera Selatan.Downloads
Published
2023-05-28
How to Cite
apriliza, R. ., Duku, S. ., Pohan, H. A. ., Jufrizal, J., & Aliasan, A. (2023). Peran Wartawan Dalam Mempromosikan Wisata Melalui Bentuk Berita Pada Media Sosial Instagram Instansi Berita Harian @Bisniscom.Sumbagsel. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 215–229. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14961
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 R.A.Rizkha apriliza, Sumaina Duku, Hasril Atieq Pohan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).