Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Perencanaan dan Pengelolaan Perjalanan Wisata Menggunakan Metode EHT (Everyone is a teacher Here) kelas XI SMK N 1 Pekanbaru Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14958Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Perencanaan dan Pengrlolaan Perjalanan Wisata dengan merapkan metode EHT (Everyone is a teacher Here). Adapun rumusan masalah yang telah disusun oleh peneliti adalah : “Apakah dengan menggunakan metode EHT (Everyone is a tracher Here dapat meningkatkan hasil belajar Perencanaan dan Pengelolaan Perjalanan Wisata siswa Kelas XI DKV SMKN 1 Pekanbaru. Penelitian ini diterapkan di SMKN 1 Pekanbaru, di Kelas XI, sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah tahun 2022 pada semester ganjil. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI sebanyak 34 orang siswa. Analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menentukan aspek-aspek yang diamati pada masing-masing indikator hasil belajar. Hasil penelitian pada bab-bab yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode EHT (Everyone is a teacher here ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI SMKN 1 Pekanbaru mata pelajaran Perjalanan Wisata. Hasil belajar siswa kelas XI Usaha Perjalanan Wisata, SMKN 1 Pekanbaru dengan menerapkan model everyone is a teacher here (ETH) mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari hasil postes rata-rata nilai pengetahuan siswa dari pra siklus ke siklus I naik sebesar 7,47% kemudian dari siklus I ke siklus II naik 5,38%. Jadi rata-rata nilai dari pra siklus ke siklus II tingkat kenaikanya kurang lebih sebesar 12,85%. Dari hasil postes siswa yang kompeten / mencapai KKM dari pra siklus ke siklus I naik sebesar 35,29% kemudian dari siklus I ke siklus II naik 20,59%. Jadi kenaikan siswa yang kompeten dari pra siklus ke siklus II tingkat kenaikanya kurang lebih sebesar 55,88% dari 15 siswa menjadi 34 siswa kompeten. Sedangkan untuk aspek ketrampilan nilai rata-rata dari pra siklus ke siklus I naik sebesar 16,06% kemudian dari siklus I ke siklus II naik 4,91%. Jadi rata-rata nilai dari pra siklus ke siklus II tingkat kenaikanya sebesar 20,97%. Dari hasil postes siswa yang kompeten / mencapai KKM dari pra siklus ke siklus I naik sebesar 52,94% kemudian dari siklus I ke siklus II naik 20,59%. Jadi kenaikan siswa yang kompeten dari pra siklus ke siklus II tingkat kenaikanya sebesar 73,53% dari 9 siswa menjadi 34 siswa kompeten. Dengan demikian secara keseluruhan setelah penerapan model everyone is a teacher here (ETH) hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan.Downloads
Published
2023-05-24
How to Cite
Rusmawati, H. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Perencanaan dan Pengelolaan Perjalanan Wisata Menggunakan Metode EHT (Everyone is a teacher Here) kelas XI SMK N 1 Pekanbaru Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 190–200. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14958
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Helen Rusmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).