Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Perencanaan dan Pengelolaan Perjalanan Wisata Menggunakan Metode EHT (Everyone is a teacher Here) kelas XI SMK N 1 Pekanbaru Tahun 2022

Authors

  • Helen Rusmawati SMKN 1 Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14958

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  hasil belajar Perencanaan dan Pengrlolaan Perjalanan Wisata  dengan  merapkan metode EHT (Everyone is a teacher Here). Adapun rumusan masalah yang telah disusun oleh peneliti adalah : “Apakah dengan menggunakan metode EHT (Everyone is a tracher Here   dapat meningkatkan  hasil belajar Perencanaan dan Pengelolaan Perjalanan Wisata siswa Kelas XI DKV SMKN 1 Pekanbaru. Penelitian ini diterapkan di SMKN 1 Pekanbaru, di Kelas XI, sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah tahun  2022 pada semester ganjil. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI   sebanyak 34 orang siswa.  Analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menentukan aspek-aspek yang diamati pada masing-masing indikator  hasil belajar. Hasil penelitian pada bab-bab yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode EHT (Everyone is a teacher here )  dapat meningkatkan   hasil belajar  siswa Kelas XI  SMKN 1  Pekanbaru mata pelajaran Perjalanan Wisata. Hasil belajar siswa kelas XI Usaha Perjalanan Wisata, SMKN 1 Pekanbaru dengan menerapkan model everyone is a teacher here (ETH) mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari hasil postes rata-rata nilai pengetahuan siswa dari pra siklus ke siklus I naik sebesar 7,47% kemudian dari siklus I ke siklus II naik 5,38%. Jadi rata-rata nilai dari pra siklus ke siklus II tingkat kenaikanya kurang lebih sebesar 12,85%. Dari hasil postes siswa yang kompeten / mencapai KKM dari pra siklus ke siklus I naik sebesar 35,29% kemudian dari siklus I ke siklus II naik 20,59%. Jadi kenaikan siswa yang kompeten dari pra siklus ke siklus II tingkat kenaikanya kurang lebih sebesar 55,88% dari 15 siswa menjadi 34 siswa kompeten. Sedangkan untuk aspek ketrampilan nilai rata-rata dari pra siklus ke siklus I naik sebesar 16,06% kemudian dari siklus I ke siklus II naik 4,91%. Jadi rata-rata nilai dari pra siklus ke siklus II tingkat kenaikanya sebesar 20,97%. Dari hasil postes siswa yang kompeten / mencapai KKM dari pra siklus ke siklus I naik sebesar 52,94% kemudian dari siklus I ke siklus II naik 20,59%. Jadi kenaikan siswa yang kompeten dari pra siklus ke siklus II tingkat kenaikanya sebesar 73,53% dari 9 siswa menjadi 34 siswa kompeten. Dengan demikian secara keseluruhan setelah penerapan model everyone is a teacher here (ETH) hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan.

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Rusmawati, H. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Perencanaan dan Pengelolaan Perjalanan Wisata Menggunakan Metode EHT (Everyone is a teacher Here) kelas XI SMK N 1 Pekanbaru Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 190–200. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14958