Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Budha Dan Budi Pekerti Melalui Metode Role Playing Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14957Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar siswa yang masih perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Budha di Kelas XII SMAN 1 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa Kelas XII SMAN 1 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 8 siswa. Teknik pengambilan data melalui lembar test dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Role Playing menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan. Penelitian dengan metode Role Playing dapat diketahui dari hasil tes pada siklus I dan siklus II selalu terjadi peningkatan. Nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 55,00, meningkat pada siklus I menjadi 65,00 dan merupakan nilai pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pada siklus ini sebesar 73,75 merupakan nilai dalam kategori baik dan telah mencapai nilai ketuntasan minimal yaitu 70,00. Ketuntasan belajar meningkat dari 1 siswa atau 12,50% pada kondisi awal, menjadi 4 siswa atau 50,00% dan 8 siswa atau 100% pada siklus terakhir. Adapun penjelasan mengenai aktivitas belajar siswa dari 1 siswa atau 12,50% siswa dinyatakan tuntas, pada siklus kedua sebesar 62,50% atau 5 siswa dinyatakan tuntas dan pada akhir siklus kedua menjadi 100% atau 8 siswa dinyatakan tuntas. Hasil yang dicapai pada siklus II merupakan bukti bahwa pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Budha pada siswa kelas Kelas XII SMAN 1 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2021/2022.Downloads
Published
2023-05-24
How to Cite
Sugiyanto, S. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Budha Dan Budi Pekerti Melalui Metode Role Playing Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 182–189. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14957
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Sugiyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).