Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Budha Dan Budi Pekerti Melalui Metode Role Playing Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Sugiyanto Sugiyanto SMA N 1 Tebing Tinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14957

Abstract

Penelitian  ini dilatarbelakangi  oleh  prestasi belajar siswa yang  masih  perlu  ditingkatkan.  Tujuan  dari penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  apakah  penerapan  model  pembelajaran Role Playing  dapat  meningkatkan  prestasi belajar siswa siswa  pada pembelajaran Pendidikan Agama Budha di Kelas  XII  SMAN 1 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  (Classroom  Action  Research) yang  mencakup  perencanaan,  pelaksanaan,  observasi  dan  refleksi.  Penelitian  ini berlangsung  selama  2  siklus.  Subyek  penelitian  adalah  siswa  Kelas  XII  SMAN 1 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2021/2022 yang  berjumlah 8  siswa.  Teknik pengambilan data melalui  lembar test  dan  dokumentasi. Keabsahan  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  teknik triangulasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  prestasi belajar siswa  setelah  dilakukan  penerapan  model  pembelajaran  Role Playing menunjukkan  bahwa  rata-rata  nilai  siswa  mengalami  peningkatan.  Hal  ini  ditunjukkan  dengan adanya peningkatan. Penelitian  dengan metode  Role Playing  dapat  diketahui  dari  hasil  tes  pada  siklus  I  dan  siklus  II selalu  terjadi  peningkatan.  Nilai  rata-rata  pada kondisi awal sebesar 55,00, meningkat pada  siklus   I  menjadi 65,00  dan merupakan nilai pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pada siklus ini sebesar 73,75 merupakan nilai dalam kategori baik dan telah mencapai nilai ketuntasan minimal yaitu 70,00.  Ketuntasan belajar meningkat dari 1 siswa atau 12,50% pada kondisi awal, menjadi 4 siswa atau 50,00% dan 8 siswa atau 100% pada siklus terakhir. Adapun penjelasan mengenai aktivitas belajar siswa dari 1 siswa atau 12,50% siswa dinyatakan tuntas, pada siklus kedua sebesar 62,50% atau 5 siswa dinyatakan tuntas dan pada akhir siklus kedua menjadi 100% atau 8 siswa dinyatakan tuntas. Hasil yang dicapai pada  siklus  II  merupakan  bukti  bahwa  pembelajaran  Role Playing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran  Pendidikan Agama Budha pada siswa kelas Kelas  XII  SMAN 1 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2021/2022.

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Sugiyanto, S. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Budha Dan Budi Pekerti Melalui Metode Role Playing Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 182–189. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14957