Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Penerapan Metode Ceramah Disertai Tugas Bervariasi Pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Tanah Putih Kab. Rohil Tahun 2022

Authors

  • Siti Rohani SMA Negeri 1 Tanah Putih

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi melalui penerapan metode ceramah disertai  tugas bervariasi. Adapun rumusan masalah yang telah disusun oleh peneliti adalah : “Apakah dengan menggunakan metode ceramah yang disertai dengan pemberian tugas yang bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Tanah Putih Rohil. Peneltian ini dilaksanakan  di MTs Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Tepatnya di Kelas XII IPS 1, sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah tahun ajaran 2022 pada semester ganjil. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPS 1 sebanyak 34 orang siswa.  Analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menentukan aspek-aspek yang diamati pada masing-masing indicator hasil belajar.Hasil penelitian pada bab-bab yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode ceramah yang disertai dengan pemberian tugas yang bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Tanah Putih Rohil. Pada pokok bahasan KD. 3.1 Menganalisis Konsep dan Metode Perhitungan Pedapatan Nasional. Sebelum diberi tindakan nilai rata-rata 77, setelah siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 79,26 dan setelah siklus II ada yang peningkatan  hasil belajar siswa yang  signifikan dengan nilai rata-rata 81,99.

Downloads

Published

2023-05-23

How to Cite

Rohani, S. . (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Penerapan Metode Ceramah Disertai Tugas Bervariasi Pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Tanah Putih Kab. Rohil Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 175–181. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14923