Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Penerapan Metode Ceramah Disertai Tugas Bervariasi Pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Tanah Putih Kab. Rohil Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14923Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi melalui penerapan metode ceramah disertai tugas bervariasi. Adapun rumusan masalah yang telah disusun oleh peneliti adalah : “Apakah dengan menggunakan metode ceramah yang disertai dengan pemberian tugas yang bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Tanah Putih Rohil. Peneltian ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Tepatnya di Kelas XII IPS 1, sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah tahun ajaran 2022 pada semester ganjil. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPS 1 sebanyak 34 orang siswa. Analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menentukan aspek-aspek yang diamati pada masing-masing indicator hasil belajar.Hasil penelitian pada bab-bab yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode ceramah yang disertai dengan pemberian tugas yang bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Tanah Putih Rohil. Pada pokok bahasan KD. 3.1 Menganalisis Konsep dan Metode Perhitungan Pedapatan Nasional. Sebelum diberi tindakan nilai rata-rata 77, setelah siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 79,26 dan setelah siklus II ada yang peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dengan nilai rata-rata 81,99.Downloads
Published
2023-05-23
How to Cite
Rohani, S. . (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Penerapan Metode Ceramah Disertai Tugas Bervariasi Pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Tanah Putih Kab. Rohil Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 175–181. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14923
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Siti Rohani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).