Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Kelas X DKV SMK Negeri 5 Pekanbaru Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14878Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matapelajaran IPAS dengan merapkan metode kooperatif tipe STAD. Adapun rumusan masalah yang telah disusun oleh peneliti adalah : “Apakah dengan menggunakan metode Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa Kelas X DKV SMKN 5 Pekanbaru. Penelitian ini diterapkan di SMKN 5 Pekanbaru, di Kelas X DKV, sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah tahun 2021 pada semester ganjil. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X DKV sebanyak 35 orang siswa. Analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menentukan aspek-aspek yang diamati pada masing-masing indicator hasil belajar. Hasil penelitian pada bab-bab yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa Kelas X DKV SMKN 5 Pekanbaru mata pelajaran IPAS pada pokok bahasan interkasi sosial dan dinamika sosial dapat meningkatkan hasil belajar IPAS. Setelah dilakukan tidakan nilai rata-rata dari skor dasar 65, pada siklus I rata-rata 77,69 dan pada siklus II nilai rata-rata 81,43 sehingga dilihat adanya kenaikan nilai yang signifikan dan semua siswa sebanyak 33 orang tuntas karena nilai hasil belajarnya di atas nilai KKM, hanya 2 orang siswa yang masih remedial.Downloads
Published
2023-05-22
How to Cite
Linda, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Kelas X DKV SMK Negeri 5 Pekanbaru Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 169–174. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14878
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Linda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).