Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengimplementasikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) Melalui Training PPK Di Sd Negeri 13 Selatpanjang Kota Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14863Abstract
Hasil akhir dari penelitian ini adalah Training PPK dapat meningkatkan ketrampilan guru dalam mengimplementasikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) di SD Negeri 13 Selatpanjang Kota Tahun Pelajaran 2021/2022.Hasil siklus I menunjukkan skor rata-rata 2,6 artinya Ketrampilan Guru Dalam Mengimplementasikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) baik. Oleh karenanya perlu di lakukan siklus II untuk lebih meningkatkan lagi Ketrampilan Guru Dalam Mengimplementasikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter).Hasil siklus II menunjukkan skor rata-rata 4,5 artinya Ketrampilan Guru Dalam Mengimplementasikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) sangat baik.Adapun nilai-nilai utama karakter yang menjadi fokus dari kebijakan PPK adalah: religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas. Nilai-nilai utama tersebut berdasarkan nilai-nilai Pancasila, 3 pilar Gerakan Nasional Revolusi Revolusi Mental (GNRM), kekayaan budaya bangsa (kearifan lokal) dan kekuatan moralitas yang dibutuhkan bangsa Indonesia menghadapi tantangan di masa depan.Downloads
Published
2023-05-21
How to Cite
Irawan, B. . (2023). Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengimplementasikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) Melalui Training PPK Di Sd Negeri 13 Selatpanjang Kota Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 156–160. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14863
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Bambang Irawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).