Peranan Bimbingan dan Konseling Dalam Pembentukan Karakteristik Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14421Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Karakter Siswa.Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literatur Riview. Penelitian Systematic Literatur Riview adalah teknik kualitatif yang di gunakan untuk menggabungkan data-data primer yang sejenis untuk mendapatkan pemahaman yang baru tentang permasalahan yang diangkat.Data dianalisis dengan kategorisasi dan reduksi data sesuai dengan fokus penelitian.Bank Data pada penelitian ini diambil dari artikel yang berkesesuaian dengan judul dan keywords. Sumber penelitian diambil dari Google Scholar dengan rentang penerbitan 2016-2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BK memiliki peran penting dalam pembentukan karakter siswa. Mengembangkan karakter anak menjadi tugas utama orangtua yang dilakukan melalui penanaman nilai-nilai moral sebagai dasar dari norma yang dianut oleh keluarga dan penerapannya dilakukan melalui fungsi-fungsi keluarga. Dan kemudian didukung dengan adanya bantuan pendidik terkhusus Guru BK atau Konselor di sekolah yang berupaya memberikan layanan dan bantuan kepada siswa untuk dapat membentuk dan mengarahkan karakter dan perilakunya sebaik mungkin sesuai dengan tugas perkambangannya.Downloads
Published
2023-05-01
How to Cite
Nida, . K., & Usiono, U. (2023). Peranan Bimbingan dan Konseling Dalam Pembentukan Karakteristik Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 64–72. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14421
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Khoirun Nida, Usiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).