Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Pulau Rona Kecamatan Bangkinang

Authors

  • Fenny Indriyani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yusnani yusnani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1434

Keywords:

pembelajaran daring, perang orang tua

Abstract

Orang tua berperan besar agar anaknya tetap belajar di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua siswa sekolah dasar dalam membimbing anaknya selama pembelajaran daring dan apa yang dilakukan orang tua ketika menghadapi kesulitan selama pembelajaran daring. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Peserta dalam penelitian ini adalah orang tua dari siswa sekolah dasar dari kelas 1 s/d 6 SD di Pulau Rona, Kecamatan Bangkinang. Peserta tersebut berjumlah 15 orang. Analisis dalam penelitian ini disajikan secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) Orang tua telah berperan dalam membimbing dan mengontrol anaknya selama pembelajaran daring. b) Orang tua berhasil mengatasi kesulitan pada anak dengan memberikan les tambahan dan memberikan fasilitas belajar daring. c) Orang tua mendukung anaknya selama belajar daring dengan memberikan apresiasi

References

A, M. D., Suwardiyanto, D., Yuliandoko, H., & W, V. A. (2017). PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING (ON LINE) BAGI GURU DAN SISWA DI SMK NU ROGOJAMPI. 2(2), 96–100.

Adhe, K. R. (2018). Model Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Online Learning Model PAUD Study in PG PAUD Education Faculty of Surabaya State University. 1413, 26–31.

Andini, Y. T., & Widayanti, M. D. (2020). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK BIAS YOGYAKARTA. 4.

Astuti, D. (2013). Analisis Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadyah Pontianak. Journal Untan, 4(1), 64–71. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/article/view/22027/17653

Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online (Issue December 2019).

Daulay, H. Y. (2020). JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education PERANAN GURU YANG TELAH DISERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 011 SUKAJADI PEKANBARU. 2, 25–38.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Hartley, D. E. (2001). Selling E Learning. American Society for Training and Development.

Horton, W. K. (2001). Leading E-Learning. American Society for Training and Development.

Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. 3(2), 264–270.

Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MASA PANDEMIK COVID-19. Behavioral Accounting Journal (BAJ), 1(1), 62–83.

Kawuryan, M. N. (2016). “ Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal dalam Era MEA †Pengembangan Model Peran Orang Tua , Guru , dan Masyarakat dalam Proses Pembelajaran untuk Membentuk Intensi Berperilaku Anak Peduli Lingkungan SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 2. 1.

Lynch. (2002). The Online Educator: A Guide to Creating the Virtual Classroom - 1st E.

Melia, S. (2020). JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Peran Orang tua dalam Melatih Disiplin pada Anak Tunagrahita. 2, 59–65.

Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535

Ramanta, D., & Dwi Widayanti, F. (2020). Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 0(0), 61–67. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/81

Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Quro, 6(Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015), 20–35. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531

Suharsimi, A. (2007). manajemen penelitian. Rineka Cipta.

Uno, H. B. (2007). Model Pembelajaran. Bumi Aksara.

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA DAN STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI PANDEMI COVID- 19. 4(3), 51–58.

Downloads

Published

2021-02-08

How to Cite

Indriyani, F., & yusnani, Y. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Pulau Rona Kecamatan Bangkinang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 90–96. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1434

Issue

Section

Articles