Peran Mata Kuliah Solfeggio Untuk Meningkatkan Kemampuan Sight-Reading, Ear Training dan Menuliskan Dalam Bermusik
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.14319Abstract
Penelitian ini mengangkat masalah peran mata kuliah solfeggio untuk meningkatkan kemampuan sight-reading, sight hearing dan menuliskan dalam bermusik. Peneliti menemukan masalah pada mahasiswa, kurangnya memahami mata kuliah solfeggio sehingga membuat mereka sulit untuk mengikuti perkuliahan dengan mata kuliah musik lainnya ketika hendak membaca partitur lagu, mendengarkan ritme, nada bahkan belum pahamnya bagaimana cara menuliskan nada yang benar pada garisparanada. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif sebagai pendekatan dalam menggali data serta tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, observasi, dan studi pustaka. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa mata kuliah solfeggio sangat mempunyai peran penting terhadap mata kuliah musik lainnya dan mata kuliah solfeggio dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi mahasiswa selama peroses pembelajaran mata kuliah musik lainnya. Permasalahannya yaitu mahasiswa jadi mampu untuk membaca notasi musik pada partitur lagu, serta memberikan kepekaan mahasiswa terhadap musik.Downloads
Published
2022-12-31
How to Cite
Lumbantobing, F. A. B. . (2022). Peran Mata Kuliah Solfeggio Untuk Meningkatkan Kemampuan Sight-Reading, Ear Training dan Menuliskan Dalam Bermusik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13466–13469. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.14319
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Frisca Aries Br. Lumbantobing

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









