Peran Guru Dalam memotivasi Siswa Pada Masa Pandemi

Authors

  • Hasfira Hasfira Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Meisy Marelda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1430

Keywords:

Metode Pembelajaran, Peran Guru, motivasi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kesulitan guru dalam memotivasi siswa pada masa pandemi. Tempat penelitian ini dilakukan Di Kuok. sampel penelitian adalah peran guru dalam memotivasi siswa. Subjek penelitian adalah 2 orang guru di kuok. Hasil Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang peran guru dalam memotivasi siswa pada masa pandemi. Pada masa pandemi saat sekarang ini, sebagian besar kegitan dilakukan dirumahdimana guru harus lebih mengupayakan agar minat belajar siswa tidak menurun dengan memberikan metode proses brlajar yangkreatif sehingga siswa bisa lebih bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. upaya yang bisa diterapkan guru misalnya memberikan metode pembelajaran secara langsung dirumah siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dimana penelitian ini merupakan sebagai kunci dasar dalam bentuk wawancara untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana peran seorang guru agar meningkatkan prestasi siswa dalam kegiatan belajar dan mengembangkan bagaimana siswa lebih mandiri serta lebih bertanggung jawab terhadap tugas yang telah di berikan. Guru harus lebih memperhatikan proses belajar siswa agar dapat menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. Selain itu guru juga bisa meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberikan penilaian yang sesuai dengan hasil belajar siswa, memberikan apresisasi dalam pencapaian yang dilakukan oleh siswa, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki nya. Peran guru sangat berpengaruh terhadap pencapaian yang di raih oleh setiap siswa.

References

Adhetya Cahyani, I. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Pendidikan Islam, Volume: 3 Nomor:1 Tahun 2020, 18.

Andaru Werdayanti, “Pengaruh Kompetensi Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa,†Dinamika Pendidikan 3, no.1 (2008).

A. S. (2020). Pembelajaran Daring Ditengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 11. https://online-journal.unja.ac.id/biodik

E. Mulyasa (2013). Standar Kompetisi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Firman, S. R. (2020). Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 9.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: student perspectives on learning with cellphones, smartphone & social media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Hayati, N. (2020). Metode Pembelajaran Daring/ E-learning Yang Efektif. Metode Pembelajaran E-learning, 9.

Marleni, Lusi & Asilestari, Putri. 2019. Developing Social Media-Based Textbook for Speaking Class in English Study Program. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/jees/article/view/1764

Milman, N. B. (2015). Distance Education. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Science: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92001-4

Moleong, Lexy. J.2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakaya.

Molinda, M. (2005), Instructional Technology and Media for Learning New Jersey Colombus, Ohio

Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan Universitas Indonesia, 2(2).

Oemar Hamalik. Proses Belajar Mengajar. (Bumi Aksara: Jakarta, 2004), h. 158

Sabon, Kosman. (2019). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Dikecamatan Mapanget Kota Manado. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar. Volume: 3 Nomor:2 Tahun 2019

Stein, R. (2020). COVID-19 and Rationally Leyered Sosia Distancing. Internasional Journal of Clinical Practice. https://doi.org/10.1111/ijcp. 13501

Syaiful Bahri Djmarah.2000.Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka cipta.

Winditiya Yuliana, M. (2020). Pembelajaran Daring Ditengah Wabah Pandemi Covid-19 Di Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8.

Downloads

Published

2021-02-08

How to Cite

Hasfira, H., & Marelda, M. (2021). Peran Guru Dalam memotivasi Siswa Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 80–84. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1430

Issue

Section

Articles