Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SDN Sampangan 02 Semarang

Authors

  • Nur Rohmawati Universitas PGRI Semarang
  • Aryo Andri Nugroho Universitas PGRI Semarang
  • Endang Wuryandini Universitas PGRI Semarang
  • Tin Siana Dayu Murti SDN Sampangan 02 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14291

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III di SDN Sampangan 02 melalui model Problem Based Learning. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Data yang digunakan tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Data awal banyak peserta didik yang nilainya belum tuntas KKM. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Hasil penelitian pada prasiklus jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 10 (34,48%). Siklus I terjadi peningkatan sebesar 34,49% sehingga peserta didik yang tuntas sebanyak 20 (68,97%) . Siklus II pemahaman peserta didik meningkat sehingga hasil belajar juga meningkat yaitu sebesar 20,69% atau bertambah 6 peserta didik tuntas. Sehingga  terdapat sebanyak 26 (89,66%) peserta didik tuntas. Adanya peningkatan hasil belajar peserta didik juga didukung dengan adanya jumlah peserta didik yang mengalami ketuntasan. Hal tersebut menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III di SDN Sampangan 02.

Downloads

Published

2023-04-22

How to Cite

Rohmawati, N. ., Nugroho, A. A. ., Wuryandini, E. ., & Murti, T. S. D. . (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SDN Sampangan 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5062–5068. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14291