Pengaruh Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 3 Lolowau Desa Amuri Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14278Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Lolowau. Jenis penelitian ini adalah Quacy Experiment Design dengan populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Lolowau. Sampel dalam penelitian ini terdiri terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak dengan teknik Random Sampling yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas peserta didik yang dilakukan selama 2 kali pertemuan pembelajaran tergolong baik dengan rata-rata 67,08, sedangkan hasil belajar peserta didik tergolong cukup yang dapat diperoleh dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 78,4 dengan standar deviasi 12,14 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 62 dengan standar deviasi 9,13 setelah diberikan perlakuan. Dari hasil melalui uji t satu pihak untuk data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk ? = 0.05 dan dk = 48 diperoleh thitung = 5,454 dan ttabel = 1,676. Maka Ho ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Sehingga berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Lolowau, hal tersebut dapat terlihat pada hasil belajar pretest dan posttest peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning di kelas VII SMP Negeri 3 Lolowau pada materi norma dan keadilan semester genap 2022/2023.Downloads
Published
2023-04-26
How to Cite
Nduru, F. S. ., Simanjutak , H. ., & Pasaribu, K. M. D. . (2023). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 3 Lolowau Desa Amuri Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Selatan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5153–5161. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14278
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Fedes Sustridia Nduru, Hotmaida Simanjutak , Kondios Mei Darlina Pasaribu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









