Peran Mata Kuliah Modul Nusantara dalam Mengenal Tari Goyang Karawang melalui Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Authors

  • Betesda Lumban Gaol Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Nora Winda Ritonga Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Monalisa Marta Siahaan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Gr.Bangun Munthe Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14259

Abstract

Modul Nusantara merupakan salah satu mata kuliah wajib dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Modul Nusantara adalah rangkaian kegiatan yang difokuskan untuk menciptakan pemahaman tentang kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial yang didesain melalui pembimbingan secara berurutan dan berulang. Modul Nusantara bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang kebhinekaan, wawasan kebangsaan, dan cinta tanah air tentang Goyang Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran mata kuliah Modul Nusantara dalam mengenal seni Karawang : Goyang Karawang. Subjek penelitian ini adalah Tim Parasika yang berkuliah di UNSIKA (Universitas Singaperbangsa Karawang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, pengamatan langsung, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa mata kuliah Modul Nusantara memiliki peran mengenal goyang Karawang  bagi pengetahuan mahasiswa inbound UNSIKA (Universitas Singaperbangsa Karawang) melalui mengamati langsung Goyang Karawng dan mengetahui keindahan dalam Goyang Karawang.

Downloads

Published

2023-04-20

How to Cite

Gaol, B. L. ., Ritonga, N. W. ., Siahaan, M. M. ., & Munthe, G. . (2023). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara dalam Mengenal Tari Goyang Karawang melalui Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4857–4861. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14259