The Correlation Between Students’ Mastery In Bound Morphemes And Students’ Mastery In Writing Narrative Text
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14251Abstract
Penelitian ini difokuskan pada korelasi antara penguasaan siswa dalam morfem dan penguasaan siswa dalam menulis teks naratif. Morfem terbagi menjadi dua jenis, yaitu morfem bebas dan morfem terikat. Dalam hal ini peneliti hanya akan memperhatikan morfem terikat dalam menulis teks naratif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian korelasional. Artinya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara dua variabel yaitu; penguasaan keterampilan menulis siswa sebagai variabel terikat dan penguasaan Morfem Terikat siswa sebagai variabel bebas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas satu SMA HKBP Sidorame Medan. Ada delapan kelas paralel dan setiap kelas terdiri dari 40 siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas satu SMA HKBP Sidorame Medan. Ada delapan kelas paralel dan setiap kelas terdiri dari 40 siswa. Berdasarkan data hasil analisis data, diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan siswa dalam Bound Morphemes dan penguasaan siswa dalam teks Writing Narrative. Penulis menyimpulkan bahwa hasil tes tata bahasa (Morfem Terikat) siswa di SMA HKBP Sidorame Medan adalah 86,05. Dari tes menulis narasi, penulis menemukan rata-ratanya adalah 83,64. Berdasarkan reliabilitas data hasil tes pilihan ganda diperoleh hasil 0,99 yang berarti siswa dapat menjawab soal dengan benar.Downloads
Published
2023-04-19
How to Cite
sinambela, E. ., Caroline, C., & Pasaribu, A. . (2023). The Correlation Between Students’ Mastery In Bound Morphemes And Students’ Mastery In Writing Narrative Text. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4825–4832. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14251
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Erika sinambela, Caroline, Arsen Pasaribu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









