The Correlation Between Students’ Mastery In Bound Morphemes And Students’ Mastery In Writing Narrative Text

Authors

  • Erika sinambela Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Caroline Caroline Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Arsen Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14251

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada korelasi antara penguasaan siswa dalam morfem dan penguasaan siswa dalam menulis teks naratif. Morfem terbagi menjadi dua jenis, yaitu morfem bebas dan morfem terikat. Dalam hal ini peneliti hanya akan memperhatikan morfem terikat dalam menulis teks naratif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian korelasional. Artinya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara dua variabel yaitu; penguasaan keterampilan menulis siswa sebagai variabel terikat dan penguasaan Morfem Terikat siswa sebagai variabel bebas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas satu SMA HKBP Sidorame Medan. Ada delapan kelas paralel dan setiap kelas terdiri dari 40 siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas satu SMA HKBP Sidorame Medan. Ada delapan kelas paralel dan setiap kelas terdiri dari 40 siswa. Berdasarkan data hasil analisis data, diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan siswa dalam Bound Morphemes dan penguasaan siswa dalam teks Writing Narrative. Penulis menyimpulkan bahwa hasil tes tata bahasa (Morfem Terikat) siswa di SMA HKBP Sidorame Medan adalah 86,05. Dari tes menulis narasi, penulis menemukan rata-ratanya adalah 83,64. Berdasarkan reliabilitas data hasil tes pilihan ganda diperoleh hasil 0,99 yang berarti siswa dapat menjawab soal dengan benar.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

sinambela, E. ., Caroline, C., & Pasaribu, A. . (2023). The Correlation Between Students’ Mastery In Bound Morphemes And Students’ Mastery In Writing Narrative Text. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4825–4832. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14251