Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Dalan Rangka Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Kelas XI IPA-4 MAN 3 Kota Padang

Authors

  • Erlinawati Erlinawati MAN 3 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14229

Abstract

Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas XI IPA-4 MAN 3 Kota Padang dalam mata pelajaran PJOK ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Dalam Rangka Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Kelas XI IPA-4 MAN 3 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 37 Orang peserta didik  Kelas XI IPA-4 MAN 3 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK di MAN 3 Kota Padang. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 68.68% dalam kategori Cukup sedangkan Siklus 1  pertemuan 2 adalah 75.85% dalam kategori cukup. Sementara itu, pada siklus II, pertemuan 1 rata-rata minat belajar yang dicapai oleh peserta didik adalah 85.27% dalam kategori Baik sedangkan Siklus II Pertemuan 2 rata-rata 91.84% dalam kategori sanga Baik

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Erlinawati, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Dalan Rangka Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Kelas XI IPA-4 MAN 3 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4719–4725. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14229