Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Dalan Rangka Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Kelas XI IPA-4 MAN 3 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14229Abstract
Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas XI IPA-4 MAN 3 Kota Padang dalam mata pelajaran PJOK ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Dalam Rangka Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Kelas XI IPA-4 MAN 3 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 37 Orang peserta didik Kelas XI IPA-4 MAN 3 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK di MAN 3 Kota Padang. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 68.68% dalam kategori Cukup sedangkan Siklus 1 pertemuan 2 adalah 75.85% dalam kategori cukup. Sementara itu, pada siklus II, pertemuan 1 rata-rata minat belajar yang dicapai oleh peserta didik adalah 85.27% dalam kategori Baik sedangkan Siklus II Pertemuan 2 rata-rata 91.84% dalam kategori sanga BaikDownloads
Published
2023-04-19
How to Cite
Erlinawati, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Dalan Rangka Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Kelas XI IPA-4 MAN 3 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4719–4725. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14229
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Erlinawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









