Meningkatkan Pembelajaran Siswa Melalui Metode Bercerita Pada Mata Pelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dikelas VII SMP Negeri 20 Medan

Authors

  • Abel Holong Andriel Simorangkir Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Lukman Pardede Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Monalisa M. Siahaan Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14097

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dengan menerapkan metode bercerita pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan, Mengidentifikasi peningkatan pembelajaran siswa saat berbicara dikelas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). “penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang dilakukan guru di kelas atau di sekolahan tempat ia mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praktik pembelajaran, Penelitian ini menggunakan tahap Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi Di analisa dengan kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I kurang baik. Nilai rata-rata ulangan harian 80 dari nilai rata-rata ulangan harian siswa sebelum penelitian yaitu sebesar 85,6. Persentase ketuntasan belajar 34,37%. 47,37% dari rata-rata ulangan harian sebelum pembelajaran. Hasil belajar siswa pada soal evaluasi I sudah tertera jelas dan siswa sudah menyelesaikan soal tersebut dengan nilai tertinggi 10, nilai terendah adalah 5, nilai rata-rata 80. Siswa yang memperoleh nilai 10 hanya cuman 1 orang saja sehingga persentase ketuntasan belajarnya hanya mencapai 71,19%. Hasil siklus II rata-rata skor 80, dengan skor terbaik 10 dan terendah 5. 2 siswa mendapat skor 10, sehingga tingkat ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan mencapai 84,25%. Penerapan metode bercerita pada mata pelajaran PPKn pada kelas VII di SMP Negeri 20 Medan dapat meningkatkan pembelajaran siswa. Hal tersebut dapat kita lihat dari nilai rata-rata kelas 80,2% dengan ketuntasan klasikal 84,25%% pada akhir penelitian. Hal ini sesuai dengan indikator kinerja yaitu nilai ketuntasan belajar 8 dengan ketuntasan klasikal lebih dari atau sama dengan 75 %. Kata Kunci: Metode Bercerita, Pembelajaran, Meningkatkan.   This study aims to improve the learning process by applying the storytelling method to class VII students of SMP Negeri 20 Medan, identifying improvements in student learning when speaking in class. This research is a Classroom Action Research. "Classroom action research is research conducted by the teacher in the classroom or at the school where he teaches with an emphasis on perfecting or improving learning processes and practices. This research uses the planning, action, observation and reflection stages. It is analyzed qualitatively and quantitatively. Student learning outcomes obtained in the first cycle are not good. The average value of daily tests is 80 from the average value of students' daily tests before the study, which is 85.6. The percentage of learning completeness is 34.37%. 47.37% of the average daily test before learning. Student learning outcomes in evaluation questions I have been clearly stated and students have completed these questions with the highest score of 10, the lowest score is 5, the average value is 80. Only 1 student gets a score of 10 so that the percentage of completeness of learning only reaches 71, 19%. The results of cycle II averaged a score of 80, with the best score being 10 and the lowest being 5. 2 students got a score of 10, so that the overall level of student learning completeness reached 84.25%. The application of the storytelling method to civics subjects in class VII at SMP Negeri 20 Medan can improve student learning. We can see this from the class average score of 80.2% with classical completeness of 84.25% at the end of the study. This is in accordance with the performance indicators, namely the learning completeness score of 8 with classical mastery of more than or equal to 75%. Keywords: Storytelling Method, Learning, Increase.

Downloads

Published

2023-04-16

How to Cite

Simorangkir, A. H. A. ., Pardede, L. ., & Siahaan, M. M. . (2023). Meningkatkan Pembelajaran Siswa Melalui Metode Bercerita Pada Mata Pelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dikelas VII SMP Negeri 20 Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4463–4473. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14097