Peran Perpustakaan Waca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa melalui Gerakan Literasi Sekolah di SMAN 1 Astanajapura

Authors

  • Prabawati Nurhabibah Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Ruwanti Wulandari SMA Negeri 1 Astanajapura
  • Rahayu Pristiwati Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14055

Abstract

Menumbuhkan minat baca sejak dini sangat penting agar masyarakat memiliki sifat budaya membaca. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk penumbuhan minat baca, seperti program Gerakan Literasi Sekolah yang dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peran perpustakaan waca dalam meningkatkan minat baca siswa melalui Gerakan Literasi Sekolah di SMA Negeri 1 Astanajapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan desain penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Gerakan Literasi Sekolah di untuk mengetahui peran perpustakaan waca dalam meningkatkan minat baca siswa melalui Gerakan Literasi Sekolah di SMA Negeri 1 Astanajapura dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Tahap pembiasaan meliputi kegiatan membaca selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai dan penataan lingkungan yang kaya akan literasi. Tahap pengembangan meliputi pengembangan literasi melalui kegiatan Jumat Bahasa, sementara tahap pembelajaran meliputi pemanfaatan buku pengayaan dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang disertai tugas menulis.

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Nurhabibah, . . P. ., Wulandari, R. ., & Pristiwati, . R. . (2023). Peran Perpustakaan Waca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa melalui Gerakan Literasi Sekolah di SMAN 1 Astanajapura. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4284–4293. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14055