Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI Membandingkan Dua Teks Eksplanasi

Authors

  • Eduardus Tyas Endy PP Universitas Kristen Satya Wacana
  • Eunice W. Setyaningtyas Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14035

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem-based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI. Penelitian ini memfokuskan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu teks eksplanasi, sasaran pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VI. Desain penelitian ini menggunakan Non-Equivalent control group design, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah post-test. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan perolehan hasil Uji-T sebesar 0,03<0,05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan dan pengaruh dalam penerapan model model pembelajaran Problem based-learning terhadap kemampuan berpikir kritis konsep pembelajaran mencari perbedaan dan persamaan dua teks eksplanasi pada peserta didik kelas VI.

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

PP, . E. T. E. ., & Setyaningtyas, E. W. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI Membandingkan Dua Teks Eksplanasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4209–4214. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14035