Hubungan Regulasi Diri dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13993Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Regulasi Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis ini merupakan jenis penelitian kuantitatif Deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII IPS di SMP Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah 174 siswa sedangkan sampel yang digunakan yaitu 42 siswa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Multikonieeritas, Uji Koefisien Korelasi, Uji Determinasi, Uji Simultan (F). Hasil dari penelitian ini variabel independen dalam penelitian ini yaitu regulasi diri dan efikasi memiliki kontribusi 61.1% terhadap variabel dependen dan sisanya 38.9% dipengaruhi variabel lainnya dan uji hipotesis secara simultan (F) di peroleh nilai berdasarkan perhitungan SPSS 13.695 dimana fhitung > ftabel yaitu 13.695 > 3.32 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara regulasi diri dan efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa (Y) pada pelajar ilmu pengetahuan sosial kelas VIII di SMP negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.Downloads
Published
2023-04-12
How to Cite
Manullang, . D. T., Pardede, S. D., Surbakti , M. B. ., & Purba, C. E. . (2023). Hubungan Regulasi Diri dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4126–4136. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13993
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dapot Tua Manullang, Surya Darma Pardede, Mariana Br Surbakti , Cindy Enjelina Purba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









