Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Pada Siswa Kelas X IPA-2 MAN 2 Kota Padang

Authors

  • Lendra Hayu MAN 2 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13986

Abstract

Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas X IPA-2 MAN 2 Kota Padang dalam mata pelajaran Kimia ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Kimia melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) di Kelas X IPA-2 MAN 2 Kota Padang .Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 36 Orang peserta didik  Kelas X IPA-2 MAN 2 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Kimia di MAN 2 Kota Padang. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 60.33% (Cukup) meningkat menjadi  82.92 (Baik) dengan peningkatan sebesar 22.59%.

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Hayu, . L. . (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Pada Siswa Kelas X IPA-2 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4119–4125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13986