Manajemen Skill Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Authors

  • Yahya Komarudin STAIN Sultan Abdurrahman, Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13968

Abstract

Manajemen dalam pendidikan diperlukan untuk menunjang suatu keberhasilan proses yang dilaksanakan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberfungsian manajemen skill dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, apa saja bentuk manajemen skill yang dapat diterapkan, dan bagaimana penerapannya. Adapun metode yang digunakan adalah dengan analisis data bersifat deskriptif analitis. Penelitian ini adalah penelitian pustaka, jadi datanya diperoleh dari penelusuran bahan-bahan bacaan di perpustakaan. Proses analisa data dimulai dengan menelaah seluruh data yang diperoleh dari buku pokok, hasil penelitian sebelumnya, dan data-data pendukung dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesis, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting untuk dipelajari, dan memuat kesimpulan sehingga mudah dipahami. Hasil dari penelitian ini adalah diketahui bahwa manajemen skill dapat dijadikan sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, yaitu dengan bentuk; a) perencanaan, b) pengorganisasian, c) penggerakan, dan d) pengawasan. Dengan adanya manajemen skill diharapkan tujuan dan keinginan pendidikan akan dapat diwujudkan.

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Komarudin, Y. (2023). Manajemen Skill Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4091–4102. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13968