Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Siswa Kelas XI IPA 1 MAN 2 Kota Padang

Authors

  • Betty Revita MAN 2 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13961

Abstract

Mind mapping merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang digunakan melatih kemampuan menyajikan isi (content) materi dengan pemetaan pikiran (mind mapping). Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas XI IPA 1 MAN 2 Kota Padang dalam mata pelajaran kimia ditemukan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kimia masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kimia melalui Model pembelajaran Mind Mapping di Kelas XI IPA 1 MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 40 orang peserta didik  Kelas XI IPA 1 MAN 2 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kimia di kelas XI IPA 1 MAN 2 Kota Padang . Hasil belajar siswa  dari siklus I ke siklus II meningkat. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 74,14 (Cukup) meningkat menjadi  80,31 (Baik) dengan peningkatan sebesar 6,17

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Revita, B. . (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Siswa Kelas XI IPA 1 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4073–4080. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13961