Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Siswa Kelas XI IPA 1 MAN 2 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13961Abstract
Mind mapping merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang digunakan melatih kemampuan menyajikan isi (content) materi dengan pemetaan pikiran (mind mapping). Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas XI IPA 1 MAN 2 Kota Padang dalam mata pelajaran kimia ditemukan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kimia masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kimia melalui Model pembelajaran Mind Mapping di Kelas XI IPA 1 MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 40 orang peserta didik Kelas XI IPA 1 MAN 2 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kimia di kelas XI IPA 1 MAN 2 Kota Padang . Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 74,14 (Cukup) meningkat menjadi 80,31 (Baik) dengan peningkatan sebesar 6,17Downloads
Published
2023-04-11
How to Cite
Revita, B. . (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Siswa Kelas XI IPA 1 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4073–4080. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13961
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Betty Revita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









