Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Silent Way Di Kelas XI IPA-3 MAN 2 Kota Padang

Authors

  • Rafi’ah Rafi’ah MAN 2 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13960

Abstract

Berdasarkan aktivitas belajar siswa Kelas XI IPA-3 MAN 2 Kota Padang dalam Mata pelajaran Bahasa Inggris ditemukan bahwa aktivitas belajar siswa masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang Peningkatan Aktivitas Belajar siswa dalam Mata pelajaran Bahasa Inggris melalui model pembelajaran Silent Way di Kelas XI IPA-3 MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 36 orang siswa Kelas XI IPA-3 MAN 2 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaan Silent Way dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam Mata pelajaran Bahasa Inggris di MAN 2 Kota Padang. Aktivitas belajar siswa pada siklus I Pertemuan 1 adalah 66.77% (Cukup) dan Pertemuan II adalah 73.97% (cukup). Sedangkan pada siklus II Pertemuan 1 adalah 79.69% (Baik) dan Pertemuan II adalah 83.43% (Baik)

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Rafi’ah, R. (2023). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Silent Way Di Kelas XI IPA-3 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4067–4072. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13960