Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di MAN 2 Model Medan

Authors

  • Nur Alfiana Kholizah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Rama Satya Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nur Khofifah Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Ella Nurmaini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Khairul Amri Silalahi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Jogi Pras Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Inom Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13943

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja peranan supervise Pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN 2 Model Medan. Adapun penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dan observasi langsung ke sekolah tersebut untuk melakukan riset dan penelitian. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai supervisor dan hasil dari supervise tesebut yaitu tenaga pendidik. Seperti yang kita ketahui bahwa upervsi yang baik adalah yang dapat mengarahkan perhatiannya kepada dasar-dasar pendidikan dan cara-cara belajar serta penkembangannya dan pencapaian tujuan umum pendidikan, dimana tujuan supervisi adalah mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih baik. Supervisi dapat membantu meningkatkan kemampuan profesional para pendidik, agar pendidik mampu melaksanakan proses belajar mengajar di kelas dengan baik dan mampu berperan sebagai pendidik profesional yang berkenaan dengan tugas dan tanggung jawabnya. Kata Kunci: Peran Supervisi, Kualitas Pembelajaran.  

Downloads

Published

2023-04-23

How to Cite

Kholizah, N. A., Tanjung, R. S., Siregar, N. K. ., Nurmaini, E. ., Silalahi, K. A. ., Pras, J. ., & Nasution, I. (2023). Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di MAN 2 Model Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 57–63. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13943