Level-Level Kepercayaan Diri (Self Confidence) Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13927Abstract
Artikel ini bertujuan mengkaji Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini mengkaji topik penelitian dari beberapa literatur yang berkaitan dengan Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam pembelajaran Matematika. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian studi literatur dengan menggunakan referensi dari berbagai sumber yang relevan dengan topik penelitian. Hasil dari kajian ini adalah Kepercayaan Diri memiliki suatu peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran Matematika. Kepercayaan Diri pada Peserta Didik ini terbentuk melalui sebuah proses dengan dibantu oleh guru yang berperan sebagai fasilitator dan motivator. Melalui Kepercayaan Diri ini Peserta Didik dapat mencapai tujuan dalam pembelajaran Matematika. Adapun indikator untuk mengukur Kepercayaan Diri terdiri dari : 1) Percaya akan kemampuan yang dimiliki, 2) bertindak untuk mengambil keputusan secara mandiri, 3) mempunyai konsep diri yang bersifat positif, dan 4) berani untuk mengungkapkan pendapat. Pada saat Peserta Didik memasuki usia remaja, maka Peserta Didik harus memiliki rasa percaya diri pada level yang tinggi agar proses pembelajaran secara maksimal. Jika Peserta Didik memiliki rasa percaya diri pada level sedang atau rendah hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu faktor yang mempengaruhinya yaitu lingkungan sekitar. Dalam penelitian ini, peneliti mencari berbagai dukungan dari para ahli untuk memperkuat argumentasi dalam proses kajian.Downloads
Published
2023-04-12
How to Cite
Syarah Annisa, & Abadi , A. P. (2023). Level-Level Kepercayaan Diri (Self Confidence) Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4103–4108. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13927
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Syarah Annisa, Agung Prasetyo Abadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









