Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 di SDN Sudirman Ambarawa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13885Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada masalah yang ditemukan di SDN Sudirman yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik karena kurangnya media pembelajaran yang kurang bervariatif, serta keterbatasan guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Dari permasalahan yang ada kemudian dikembangkan media pembelajaran berbasis power point yang bertujuan untuk mengkaji dan mengembangkan media pembelajaran berbasis power point yang valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas 3 SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji keefektifan media melalui uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penilaian dari pakar materi dan pakar media memperoleh persentase 93,7% dan 93,3 dengan kategori sangat valid; (2) hasil uji kepraktisan media berdasarkan respon guru memperoleh persentase sebanyak 90% dengan kategori sangat praktis dan berdasarkan respon peserta didik diperoleh persentase 94,8% dengan kategori sangat praktis; (3) hasil uji paired sample t test pada pretest dan post-test keterampilan berpikir kritis diperoleh skor Sig. (2-tailed) sebesar 0.000, terdapat adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada saat pretest dan post-test. Kata kunci: Media Pembelajaran, Power Point, Pembelajaran TematikDownloads
Published
2023-04-11
How to Cite
Dhiaz Ristanti, E., & Sri Rahayu, T. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 di SDN Sudirman Ambarawa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3873–3879. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13885
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Elta Dhiaz Ristanti, Theresia Sri Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).