Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Snowball Thorowing Pada Siswa Kelas XII.IPA-1 MAN 2 Kota Padang

Authors

  • Yuhelma Yuhelma MAN 2 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13823

Abstract

Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas XII.IPA-1 MAN 2 Kota Padang dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia ditemukan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Snowball Thorowing di Kelas XII.IPA-1 MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 36 orang peserta didik  Kelas XII.IPA-1MAN 2 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Metode Snowball Thorowing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di MAN 2 Kota Padang . Hasil belajar siswa  dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 46.69 (Kurang Baik) meningkat menjadi  83.86 (Baik) dengan peningkatan sebesar 37.17%.

Downloads

Published

2023-04-08

How to Cite

Yuhelma, . Y. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Snowball Thorowing Pada Siswa Kelas XII.IPA-1 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3061–3067. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13823