Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Dan Iklim Kerja Terhadap Pengelolaan Stres Kerja Guru Sd Negeri
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13818Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memahami (1) pengaruh secara langsung kecerdasan emosional pada pengelolaan stres kerja guru (2) pengaruh langsung perilaku kepemimpinan kepala sekolah pada pengelolaan stres kerja guru (3) pengaruh langsung iklim kerja pada pengelolaan stres kerja guru (4) pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap iklim kerja (5) pengaruh langsung perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap iklim kerja. Kajian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei serta tehnik analisa jalur (path analysis). Hasil kajian menunjukkkan jika (1) kecerdasan emosional memberi pengaruh langsung positif serta signifikan pada pengelolaan stress kerja guru SD Negeri (2) perilaku kepemimpinan kepala sekolah memberi pengaruh langsung positif serta signifikan pada pengelolaan stress kerja guru SD Negeri (3) iklim kerja memberi pengaruh langsung positif serta signifikan pada pengelolaan stress kerja guru SD Negeri (4) kecerdasan emosional memberi pengaruh langsung positif serta signifikan pada iklim kerja pada SD Negeri serta (5) Perilaku kepemimpinan kepala sekolah memberi pengaruh langsung positif serta signifikan pada iklim kerja di SD Negeri. Para penulis menyarankan supaya dijalankan usaha yang maksimal untuk mengendalikan pengaruh stres kerja yang dialami oleh guru dan perlu dijalankan pengembangan kajian lebih lanjut guna memahami variabel lainnya yang memberi pengaruh pengelolaan stres kerja guru serta dampaknya pada siswa.Downloads
Published
2023-04-08
How to Cite
Kurnia, . . M. A. ., Hasnah, S., Iswahyudi, M. S. ., & Yusron, A. . (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Dan Iklim Kerja Terhadap Pengelolaan Stres Kerja Guru Sd Negeri . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3045–3053. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13818
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Ade Kurnia, Siti Hasnah, Misbahul Munir, Muhammad Subhan Iswahyudi, Ali Yusron
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).