Analisis Restrukturisasi Kognitif Sebagai Peningkatan Rasa Percaya Diri Pada Pianis Pemula di La Music Course Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13795Abstract
Masalah percaya diri dapat terjadi pada diri manusia tak terkecuali pada diri pianis pemula yang berakibat pada penurunan permainan piano. Restrukturisasi kognitif menjadi sasaran dalam penelitian ini yang dilakukan analisis sebagai peningkatan rasa percaya diri pada pianis pemula di La Music Course Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Kehadiran peneliti dilaksanakan berdasarkan observasi, pengambilan data, dan melakukan analisis secara langsung. Subyek penelitian adalah kursus piano tingkat umur 13-17 tahun berjumlah lima orang di lembaga musik La Music Course. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan kelima pianis pemula untuk kemudian dianalisis berdasarkan domain, taksonomi, komponensial, tema kultural, dan perbandingan konstan. Pemeriksaan data keabsahan menggunakan triangulasi sumber dengan mengambil ahli di bidang konseling dan bidang musik. Hasil yang diadapatkan bahwa restrukturisasi dapat diterima dan digunakan serta memiliki kualitas untuk meningkatkan rasa percaya diri pada pianis pemula di lembaga musik La Music Course Pontianak.Downloads
Published
2023-04-09
How to Cite
Aria, Z. A. W. P. (2023). Analisis Restrukturisasi Kognitif Sebagai Peningkatan Rasa Percaya Diri Pada Pianis Pemula di La Music Course Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3213–3218. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13795
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Zakarias Aria Widyatama Putra Aria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









