Upaya Meningkatkan Minat Hafalan Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an 1 Klaten
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13774Abstract
Hafalan dapat ditingkatkan dengan sering menghafal, istiqomah muroja’ah, atau mempelajari Al-Qur’an secara perlahan, serta dengan mengulang dan menyambung ayat. Pembelajaran Al- Qur'an akan langsung terikat dengan proses pembelajaran inti pendidikan jika berafiliasi dengan lembaga pendidikan islam seperti pesantren. Santri di pesantren utamanya mempelajari Al-Qur’an, dan sebagian dari pendidikan mereka juga termasuk menghafal ayat-ayatnya. Penelitian ini dirinci secara deskriptif dan menggunakan fenomenologis. Penelitian ini informasi langsung dari wawancara singkat dengan ustad dan santri penghafal al-Qur’an. Pertanyaan dan jawaban terstruktur digunakan selama wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa ustad untuk meningkatkan minat santri dalam menghafal Al-Qur’an yaitu, dengan strategis santri dalam pengelolaan waktu untuk menghafal dan murojaah, pemberian motivasi kepada santri dalam menghafal, serta tahapan evaluasi menghafal dan muroja’ah.Downloads
Published
2023-04-07
How to Cite
Sina, . Y. I. ., & Jinan, M. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Hafalan Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an 1 Klaten. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2996–3004. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13774
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yusuf Ibnu Sina, Mutohharun Jinan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).