Upaya Meningkatkan Minat Hafalan Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an 1 Klaten

Authors

  • Yusuf Ibnu Sina Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Mutohharun Jinan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13774

Abstract

Hafalan dapat ditingkatkan dengan sering menghafal, istiqomah muroja’ah, atau mempelajari Al-Qur’an secara perlahan, serta dengan mengulang dan menyambung ayat. Pembelajaran Al- Qur'an akan langsung terikat dengan proses pembelajaran inti pendidikan jika berafiliasi dengan lembaga pendidikan islam seperti pesantren. Santri di pesantren utamanya mempelajari Al-Qur’an, dan sebagian dari pendidikan mereka juga termasuk menghafal ayat-ayatnya. Penelitian ini dirinci secara deskriptif dan menggunakan fenomenologis. Penelitian ini informasi langsung dari wawancara singkat dengan ustad dan santri penghafal al-Qur’an. Pertanyaan dan jawaban terstruktur digunakan selama wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa ustad untuk meningkatkan minat santri dalam menghafal Al-Qur’an yaitu, dengan strategis santri dalam pengelolaan waktu untuk menghafal dan murojaah, pemberian motivasi kepada santri dalam menghafal, serta tahapan evaluasi menghafal dan muroja’ah.

Downloads

Published

2023-04-07

How to Cite

Sina, . Y. I. ., & Jinan, M. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Hafalan Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an 1 Klaten. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2996–3004. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13774