Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Berdasarkan Teori Polya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13728Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis materi bangun datar berdasarkan teori Polya pada siswa kelas IV SD N 4 Kabupaten Sorong. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil tes dan hasil wawancara yang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih rendah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari siswa dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri dari tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan kategori tinggi mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali jawaban sesuai tahapan Polya. (2) Siswa dengan kategori sedang hanya mampu memahami masalah, merencanakan dan melaksanakan rencana penyelesaian masalah, tetapi tidak mampu melakukan pengecekan ulang terhadap jawaban. (3) Siswa dengan kategori rendah kesulitan memahami soal, tidak menuliskan rencana penyelesaian, dan belum mampu memeriksa kembali jawabannya.Downloads
Published
2023-04-06
How to Cite
Simamora, . E. W. . (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Berdasarkan Teori Polya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2783–2789. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13728
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ebeneser Wacner Simamora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).