Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Berdasarkan Teori Polya

Authors

  • Ebeneser Wacner Simamora Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13728

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis materi bangun datar berdasarkan teori Polya pada siswa kelas IV SD N 4 Kabupaten Sorong. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil tes dan hasil wawancara yang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih rendah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari siswa dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri dari tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan kategori tinggi mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali jawaban sesuai tahapan Polya. (2) Siswa dengan kategori sedang hanya mampu memahami masalah, merencanakan dan melaksanakan rencana penyelesaian masalah, tetapi tidak mampu melakukan pengecekan ulang terhadap jawaban. (3) Siswa dengan kategori rendah kesulitan memahami soal, tidak menuliskan rencana penyelesaian, dan belum mampu memeriksa kembali jawabannya.

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Simamora, . E. W. . (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Berdasarkan Teori Polya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2783–2789. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13728