Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Group to Group Exchange Pada Siswa Kelas XI.IPA-1 MAN 2 Kota Padang

Authors

  • Gusmayenti Gusmayenti MAN 2 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13715

Abstract

Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas XI.IPA-1 MAN 2 Kota Padang dalam mata pelajaran Fisika bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Fisika masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Fisika melalui Model Pembelajaran Group to Group Exchange di Kelas XI.IPA-1 MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 36 Orang peserta didik  Kelas XI.IPA-1 MAN 2 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Group to Group Exchange dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Fisika di MAN 2 Kota Padang. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 69.36 (Cukup) meningkat menjadi  82.47 (baik) dengan peningkatan sebesar 13.11.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Gusmayenti, G. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Group to Group Exchange Pada Siswa Kelas XI.IPA-1 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2726–2732. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13715