Manajemen E-Government Dalam Meningkatkan Minat Wisata di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara

Authors

  • Intan Pratiwi Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan E-government dalam meningkatkan minat wisata yang ada di Kota Ternate. Dengan adanya E-government dinilai mampu memudahkan masyarakat dalam mengakses segala macam informasi yang ada di suatu daerah termasuk pariwisatanya. Penerapan E-government bertujuan membangun hubungan baik antara perintah dengan masyarakat, pemerintah dengan pemerintah dan pemerintah dengan swasta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengelolaan E-government dalam meningkatkan minat wisata di Kota Ternate masih belum baik, hal ini dilihat dengan hasil temuan yakni (1) Tidak ada bidang khusus yang menangani website; (2) Tidak ada sumberdaya manusia yang kompeten di bidang pengelolaan website; (3) Adanya Ego sektoral yang masih kuat antar lembaga; (4) Pengarahan yang kurang dari atasan atau pihak yang berwenang; (5) Tidak ada reward dan punishment; dan (6). Kurangnya pengawasan untuk pengelolaan website tersebut. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan untuk menambah bidang khusus yang menangani masalah E-Government agar lebih terfokus pada website informasi Wisata, kemudian menempatkan SDM yang berkompeten dibidang E-government, serta mengurangi ego sektoral pada masing-masing instasi, dan memberikan pengawasan terhadap kinerja pegawai.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Pratiwi, I. . (2023). Manajemen E-Government Dalam Meningkatkan Minat Wisata di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2629–2637. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13646