Meta Analisis Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13630Abstract
Penelitian ini adalah Meta Analisis Model Discovery learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Belajar Matematika Peserta didik SD. tujuannya untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar dan minat belajar matematika peserta didik SD. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis. variabel bebasnya adalah model pembelajaran Discovery Lerning dan variabel terikatnya adalah hasil belajar dan minat belelajar matematika peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jurnal ilmiah tentang pengaruh model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik SD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembaran kode.Hasil penyaringan 100 arikel ada 8 artikel yang memenuhi kriteria yang dimaksud dalam penelitian. model discovery learning mempunyai pengaruh yang lebih tinggi terhadap hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan minat belajar peserta didik. Hasil belajar dan minat belajar memiliki kaitan yang saling berhubungan, minat belajar seseorang akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Secara keseluruhan model pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar dan minat belajar matematika peserta didik dengan besar pengaruh (effect size) 1,13 terhadap hasil belajar dan 0,89 terhadap minat belajar. Hal tersebut menunjukkan model pembelajaran discovery learning memberikan pengaruh yang lebih efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci : discovery learning, hasil belajar, meta-analisisDownloads
Published
2023-04-11
How to Cite
Hendra, H., & Radia, E. H. . (2023). Meta Analisis Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4045–4049. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13630
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 hendra, Elvira Hoessein Radia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).