Meta Analisis Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Hendra Hendra Universitas Kristen Satya Wacana
  • Elvira Hoessein Radia Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13630

Abstract

Penelitian ini adalah Meta Analisis Model Discovery learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Belajar Matematika Peserta didik SD. tujuannya untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar dan minat belajar matematika peserta didik SD. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis. variabel bebasnya adalah model pembelajaran Discovery Lerning dan variabel terikatnya adalah hasil belajar dan minat belelajar matematika peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jurnal ilmiah tentang pengaruh model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik SD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembaran kode.Hasil penyaringan 100 arikel ada 8 artikel yang memenuhi kriteria yang dimaksud dalam penelitian. model discovery learning mempunyai pengaruh yang lebih tinggi terhadap hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan minat belajar peserta didik. Hasil belajar dan minat belajar memiliki kaitan yang saling berhubungan, minat belajar seseorang akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Secara keseluruhan model pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar dan minat belajar matematika peserta didik dengan besar pengaruh (effect size) 1,13 terhadap hasil belajar dan 0,89 terhadap minat belajar. Hal tersebut menunjukkan model pembelajaran discovery learning memberikan pengaruh yang lebih efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci :  discovery learning, hasil belajar, meta-analisis

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Hendra, H., & Radia, E. H. . (2023). Meta Analisis Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4045–4049. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13630