Sumber Pendapatan Keuangan Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayah Ngawen
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13627Abstract
Sumber daya keuangan adalah salah satu pusat sekolah. Sumber pembiayaan sebagai penunjang penyelenggaraan pendidikan di sekolah karena menyangkut pembiayaan operasional dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan sesuai harapan. Tujuan penelitian ini umumnya untuk mengetahui sumber keuangan yang ada di sekolah SDIT Hidayah Ngawen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dan informan adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan bendahara sekolah, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber dana di SDIT Hidayah Ngawen berasal dari pemerintah, yaitu melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Sumbangan Bantuan Pendidikan (SPP), Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB), dan celengan sedekah. Dana yang diperoleh dapat digunakan sesuai kebutuhan, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus bermanfaat bagi seluruh warga sekolah dan sekitarnya.Downloads
Published
2023-04-03
How to Cite
Khoirudin, N. ., & Rifa’i, A. A. . (2023). Sumber Pendapatan Keuangan Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayah Ngawen. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2566–2569. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13627
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nova Khoirudin, Andi Arif Rifa’i

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).