Metode Grambayangan Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Tari Prawira Watang di Jurusan Seni Tari Isi Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13496Abstract
Proses pembelajaran dalam bidang apapun selalu didasari metode dan sistem yang terukur, baik itu dalam pendidikan praktik mapun teoritis. Penelitian ini membahas tentang metode grambyangan pada sistem pendidikan tari Prawira Watang di Jurusan Seni Tari ISI Surakarta. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah, metode tersebut secara sadar dan tidak sadar telah menjadi fenomena alami yang berlangsung lama, namun belum masuk ke dalam bagian sistem pendidikan yang tertulis secara ilmiah. Selain itu, model grambyangan merupakan metode unggulan dalam wilayah mata kuliah praktik utamanaya pada mata kuliah tari Prawira Watang. Hal yang ingin dijelaskan dari penelitian ini adalah model grambyangan pada mata kuliah tari Prawira Watang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Perangkat analisis yang diguanakan dalam mengungap permasalahan adalah pemikirannya Komarudin tentang sistem pendidikan yang dieksplanasi menjadi beberapa bagian pembahasan: ruang lingkup pendidikan tari Prawira Watang, grambyangan sebagai salah satu model sistem pembelajaran mata kulaih praktik tari Prawira Watang. Hasil analisis disimpulkan dan ditemukan bahwa, metode grambyangan menjadi metode unggulan dan memiliki tiga dimensi penting di dalamnya, meliputi: aspek refleksi materi perkuliahan, ungkapan imajinasi, serta gambran kongkret pra ujian.Downloads
Published
2023-04-03
How to Cite
Putri Aditya, M. C. ., Satrianingsih, A. R. O. ., & Tindarika, R. . (2023). Metode Grambayangan Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Tari Prawira Watang di Jurusan Seni Tari Isi Surakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2597–2604. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13496
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mega Cantik Putri Aditya, Aline Rizky Oktaviari Satrianingsih, Regaria Tindarika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









