Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Pada Siswa Kelas VII.1 MTSN 1 Kota Padang

Authors

  • Rita Novalinda MTsN 1 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13405

Abstract

Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas VII.1 MTsN 1 Kota Padang  dalam mata pelajaran Bahasa Inggris ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di Kelas VII.1 MTsN 1 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 32 orang peserta didik  Kelas VII.1 MTsN 1 Kota Padang . Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di MTsN 1 Kota Padang  . Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 60.72% (Cukup) meningkat menjadi  82.44% (Sangat Baik) dengan peningkatan sebesar 21.72%.

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Novalinda, R. . (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Pada Siswa Kelas VII.1 MTSN 1 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2001–2008. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13405