Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Menggunakan Motion Graphic Berbasis Problem-Based Learning

Authors

  • Lefriza Yati UIN Batusangkar
  • Miftahur Rahmah UIN Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13373

Abstract

Masalah penelitian adalah adanya kebutuhan guru akan media pembelajaran PAI & Budi Pekerti seperti media pembelajaran desain grafis, yang mana terdiri dari rekaman audio, video dan animasi, sehingga dengan adanya media yang mendukung menjadikan pembelajaran tidak menoton dan membosankan bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran  PAI & Budi Pekerti menggunakan Motion Graphic berbasis Problem-Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Pengembangan penelitian menggunakan model four-D (4D) dengan prosedur pengembangan dimulai dari tahap define, design, develoopment, dan dessimination. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi dan lembar praktiklitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu mendeskripsikan pendapat saran dan tanggapan evaluator yang didapat dari lembar komentar. Penelitian ini dilaksanakan dalam kurun waktu 5 bulan yaitu dimulai bulan Juli sampai dengan Desember 2021. Hasil penelian ini menunjukkan bahwa (1) Media pembelajaran PAI & Budi Pekerti menggunakan Motion Graphic berbasis Problem-Based Learning pada mata pelajaran PAI & Budi Pekerti dinyatakan sangat valid (87%) dengan berbagai aspek-aspek yang dinilai pada kriteria umum, kriteria khusus, aspek praktis, dan aspek teknis. (2) Dalam hal kepraktisan media ini juga dinyatakan sangat praktis dengan skor masing-masing kriteria yaitu tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, ketercapaian penggunaan, prinsip media dan komponen media dengan nilai rata-rata 90%.

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Yati, L., & Rahmah, M. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Menggunakan Motion Graphic Berbasis Problem-Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2096–2114. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13373