Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Menggunakan Motion Graphic Berbasis Problem-Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13373Abstract
Masalah penelitian adalah adanya kebutuhan guru akan media pembelajaran PAI & Budi Pekerti seperti media pembelajaran desain grafis, yang mana terdiri dari rekaman audio, video dan animasi, sehingga dengan adanya media yang mendukung menjadikan pembelajaran tidak menoton dan membosankan bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran PAI & Budi Pekerti menggunakan Motion Graphic berbasis Problem-Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Pengembangan penelitian menggunakan model four-D (4D) dengan prosedur pengembangan dimulai dari tahap define, design, develoopment, dan dessimination. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi dan lembar praktiklitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu mendeskripsikan pendapat saran dan tanggapan evaluator yang didapat dari lembar komentar. Penelitian ini dilaksanakan dalam kurun waktu 5 bulan yaitu dimulai bulan Juli sampai dengan Desember 2021. Hasil penelian ini menunjukkan bahwa (1) Media pembelajaran PAI & Budi Pekerti menggunakan Motion Graphic berbasis Problem-Based Learning pada mata pelajaran PAI & Budi Pekerti dinyatakan sangat valid (87%) dengan berbagai aspek-aspek yang dinilai pada kriteria umum, kriteria khusus, aspek praktis, dan aspek teknis. (2) Dalam hal kepraktisan media ini juga dinyatakan sangat praktis dengan skor masing-masing kriteria yaitu tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, ketercapaian penggunaan, prinsip media dan komponen media dengan nilai rata-rata 90%.Downloads
Published
2023-03-29
How to Cite
Yati, L., & Rahmah, M. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Menggunakan Motion Graphic Berbasis Problem-Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2096–2114. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13373
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Lefriza Yati, Miftahur Rahmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









