Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Strategi Mencari Jawaban

Authors

  • Yusmarita Yusmarita Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Molli Wahyuni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Ramdhan Witarsa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13182

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan yaitu hasil belajar yang didapat setelah dilakukan pengambilan nilai pada semester I pada mata pelajaran Matematika teridentifikasi masih rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class action research). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang direncanakan dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus berisi pokok-pokok kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil populasi sekaligus sampel siswa kelas V SDN 020 Rambah Hilir Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah 20 orang siswa terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi mencari jawaban, maka akan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Meningkatnya aktivitas guru ini disebabkan karena guru sudah terbiasa menggunakan strategi mencari jawaban. Aktivitas siswa dengan penerapan strategi mencari jawaban juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan rata-rata sebesar 50% dengan kategori kurang, kemudian pada siklus I mendapatkan 60% dengan kategori cukup. Siklus II mendapatkan rata-rata 95% dengan ketegori sangat baik dengan siswa yang tuntas sebanyak 19 orang.

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

Yusmarita, . Y., Wahyuni, M. ., & Witarsa, R. . (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Strategi Mencari Jawaban. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6081–6087. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13182