Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Strategi Mencari Jawaban
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13182Abstract
Berdasarkan permasalahan yang ditemukan yaitu hasil belajar yang didapat setelah dilakukan pengambilan nilai pada semester I pada mata pelajaran Matematika teridentifikasi masih rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class action research). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang direncanakan dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus berisi pokok-pokok kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil populasi sekaligus sampel siswa kelas V SDN 020 Rambah Hilir Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah 20 orang siswa terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi mencari jawaban, maka akan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Meningkatnya aktivitas guru ini disebabkan karena guru sudah terbiasa menggunakan strategi mencari jawaban. Aktivitas siswa dengan penerapan strategi mencari jawaban juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan rata-rata sebesar 50% dengan kategori kurang, kemudian pada siklus I mendapatkan 60% dengan kategori cukup. Siklus II mendapatkan rata-rata 95% dengan ketegori sangat baik dengan siswa yang tuntas sebanyak 19 orang.Downloads
Published
2023-02-25
How to Cite
Yusmarita, . Y., Wahyuni, M. ., & Witarsa, R. . (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Strategi Mencari Jawaban. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6081–6087. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13182
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yusmarita, Molli Wahyuni, Ramdhan Witarsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).