Agresivitas Pada Remaja Akhir Perempuan Pengguna Game Online Jenis Massively Multiplayer Online First Person Shooter

Authors

  • Hana Gracella Ratu Universitas Kristen Satya Wacana
  • Krismi Diah Ambarwati Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13155

Abstract

Fenomena perilaku agresif pada remaja pengguna game online bukanlah peristiwa yang baru terjadi. Game online merupakan salah satu penyebab munculnya perilaku agresif pada remaja pengguna game online. Kini pengguna game online tidak hanya dari kalangan remaja laki-laki, namun juga dari kalangan remaja perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti gambaran perilaku agresif remaja akhir perempuan pengguna game online jenis massively multiplayer first person shooter (MMOFPS). Jenis penelitian ini adalah fenomenologi dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam menganalisis data penelitian dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari temuan menunjukkan perilaku agresif pada subjek dipicu oleh adanya emosi marah yang dirasakan saat bermain game online dan para subjek mengalami kesulitan dalam mengendalikan emosi. Bentuk perilaku dalam mengekspresikan emosi marah adalah dengan mengeluarkan kata kasar berupa makian, melempar benda yang ada disekitar, emosional pada diri sendiri dan orang lain, adanya permusuhan, dan mengabaikan panggilan dari orang tua.

Downloads

Published

2023-03-23

How to Cite

Ratu, H. G., & Ambarwati, K. D. . (2023). Agresivitas Pada Remaja Akhir Perempuan Pengguna Game Online Jenis Massively Multiplayer Online First Person Shooter. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1625–1633. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13155