Self Regulated Learning of Senior High School Students Reviewed from Emotional Maturity and Social Parental Support
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13121Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara kematangan emosi dan dukungan sosial orang tua dengan self regulated learning siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ini di SMA A di Kota Yogyakarta dengan populasi siswa kelas X berjumlah 379 siswa yang tersebar ke dalam 11 kelas. 8 dari 11 kelas dijadikan sebagai sampel penelitian dengan jumlah 193 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kematangan emosi dan dukungan sosial orang tua dengan self regulated learning dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,01) dan nilai koefisien korelasi (R) = 0,691; 2) Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kematangan emosi dengan self regulated learning dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,01) dan nilai koefisien korelasi (r) 0,667; 3) Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan self regulated learning dengan nilai signifikansi 0,001 (p<0,01) dan nilai koefisien korelasi (r) 0,446. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah; Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kematangan emosi dan dukungan sosial orang tua dengan self regulated learning siswa dengan sumbangan efektif sebesar 47,7%.Downloads
Published
2023-03-21
How to Cite
Lestari, E. ., Yuzarion, Y., & Hidayah, N. (2023). Self Regulated Learning of Senior High School Students Reviewed from Emotional Maturity and Social Parental Support. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1490–1497. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13121
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Edo lestari, Yuzarion, Nurul Hidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).