Pengembangan E-LKM Metodologi Penelitian Pendidikan Berbasis Team Based Project Di STKIP PGRI Lumajang

Authors

  • Ana Rokhmawati STKIP PGRI Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13090

Abstract

Model pembelajaran Team Based Project merupakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam menghadapi tantangan dalam abad 21 yaitu keterampilan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berkomunikasi, keterampilan bekerja sama. Berdasarkan hasil observasi pada matakuliah Metodologi Penelitian Pendidikan di STKIP PGRI Lumajang diketahui bahwa belum ada Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang dapat memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dalam menghadapi abad 21. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan produk berupa LKM elektronik (e-LKM) berbasis Team Based Project. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini dilakukan sampai tahap develop. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dari penilaian ahli, dan tes hasil belajar kognitif mahasiswa (pretest dan posttest). Hasil penelitian ini menunjukkan e-LKM berbasis Team Based Project yang dikembangkan valid dan cukup efektif. Hal ini terlihat berdasarkan analisis hasil validasi para ahli yaitu persentase skor perolehan rata-rata validasi ahli sebesar 88,27% dengan kategori layak dan tidak perlu revisi. Setelah validasi oleh para ahli dilakukan uji coba pengembangan dengan hasil N-gain score sebesar 0,57 dengan kategori sedang atau dalam bentuk persentase sebesar 57,66% dengan kategori cukup efektif.

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

Rokhmawati, A. . (2023). Pengembangan E-LKM Metodologi Penelitian Pendidikan Berbasis Team Based Project Di STKIP PGRI Lumajang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6075–6080. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13090