Pengembangan E-LKM Metodologi Penelitian Pendidikan Berbasis Team Based Project Di STKIP PGRI Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13090Abstract
Model pembelajaran Team Based Project merupakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam menghadapi tantangan dalam abad 21 yaitu keterampilan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berkomunikasi, keterampilan bekerja sama. Berdasarkan hasil observasi pada matakuliah Metodologi Penelitian Pendidikan di STKIP PGRI Lumajang diketahui bahwa belum ada Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang dapat memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dalam menghadapi abad 21. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan produk berupa LKM elektronik (e-LKM) berbasis Team Based Project. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini dilakukan sampai tahap develop. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dari penilaian ahli, dan tes hasil belajar kognitif mahasiswa (pretest dan posttest). Hasil penelitian ini menunjukkan e-LKM berbasis Team Based Project yang dikembangkan valid dan cukup efektif. Hal ini terlihat berdasarkan analisis hasil validasi para ahli yaitu persentase skor perolehan rata-rata validasi ahli sebesar 88,27% dengan kategori layak dan tidak perlu revisi. Setelah validasi oleh para ahli dilakukan uji coba pengembangan dengan hasil N-gain score sebesar 0,57 dengan kategori sedang atau dalam bentuk persentase sebesar 57,66% dengan kategori cukup efektif.Downloads
Published
2023-02-25
How to Cite
Rokhmawati, A. . (2023). Pengembangan E-LKM Metodologi Penelitian Pendidikan Berbasis Team Based Project Di STKIP PGRI Lumajang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6075–6080. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13090
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ana Rokhmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).