Pengaruh Model Pembelajaran (Discovery Learning Dan Team Games Tournament) Pada Materi Invertebrata Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Swasta YPP Sawit Seberang

Authors

  • Widya Annisa Furi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13007

Abstract

Setiap pembelajaran tentunya ada tujuan pembelajaran dimana tujuan pembelajaran tidak akan tercapai tanpa adanya penggunaan metode atau model pengajaran yang tepat. Metode adalah cara yang dipergunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun tercapai secara optimal. Ini berarti, metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan. Dengan demikian metode dalam rangkaian sistem pembelajaran memegang peran yang sangat penting. Di SMA SWASTA YPP Sawit Seberang Kabupaten Langkat, diperoleh data bahwa terdapat masalah yang didapat dalam kelas terhadap anak didiknya. Adapun masalah yang mendasar yang dikeluhkan oleh guru tersebut adalah rendahnya belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran biologi. Hal tersebut ditandai : (1) siswa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran biologi. Hal ini diketahui guru dari kemampuan siswa untuk menjawab pertanyaan guru yang pada umumnya tidak didasari pemahaman dan test siswa yang nilainya masih banyak dibawah KKM 75 %. (2) Siswa tidak aktif dalam proses belajar mengajar biologi, siswa hanya menjadi pendengar dan penerima keinginan guru. Sehingga dalam mempelajari biologi siswa sering merasa bosan dan tidak memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran (Discovery Learning dan Team Games Tournament) Pada Materi Invertebrata Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA SWASTA YPP Sawit Seberang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan hasil pembelajaran siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model (Discovery learning dan Team Games Tournament) pada materi invertebrata siswa kelas X IPA SMA SWASTA YPP Sawit Seberang. Manfaat penelitian ini bagi peserta didik yaitu membantu siswa menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran yang lebih menyenangkan, kreatif dan mandiri serta menumbuhkan keterampilan didalam proses pembelajaran biologi, sedangkan manfaat bagi guru yaitu dapat menjadi salah satu referensi yang digunakan dalam memanfaatkan penekatan ataupun metode belajar serta menjadikan suasana kelas yang hidup khususnya pada pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Dengan populasi semua siswa kelas X IPA berjumlah 4 kelas dengan jumlah 122 siswa, sampel yang digunakan adalah sebanyak 3 kelas dengan teknik Simple Random Sampling (teknik acak kelas). Dengan menggunakan sampel X IPA-1 sebagai kelas eksperimen I, X IPA-2 sebagai kelas eksperimen II dan X IPA-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar bentuk pilihan ganda.  Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa  hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi dibandingkan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada materi invertebrata di kelas X SMA Swasta YPP Sawit Seberang. Dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning sebesar 80, yang diajarkan dengan model Team Games Tournament (TGT) sebesar 62,83, sedangkan yang diajarkan dengan metode konvensional sebesar 59,7 Sehingga hasil pengujian hipotesis dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak.

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Furi, . W. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran (Discovery Learning Dan Team Games Tournament) Pada Materi Invertebrata Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Swasta YPP Sawit Seberang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1457–1465. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13007