Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Anak Dalam Menggosok Gigi

Authors

  • Ulfah Nur Wulandari Program Studi Keperawatan S1, Fakultas Ilmu Kesehatan, Univerrsitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Kris Linggardini Program Studi Keperawatan S1, Fakultas Ilmu Kesehatan, Univerrsitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12986

Abstract

Perawatan diri atau personal hygiene merupakan salah satu kemampuan dasar manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Salah satunya yaitu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Gigi dan mulut merupakan bagian penting yang harus dipertahankan kebersihannya. Kebersihan mulut merupakan upaya yang dilakukan untuk membersihkan rongga mulut, lidah, dan gigi dari sisa makanan dengan cara menggosok gigi minimal dua kali sehari. Untuk mengetahui pengaruh video animasi terhadap pengetahuan dan keterampilan anak dalam menggosok gigi Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode  pre eksperimental dengan pendekatan pretest-posttest without control design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 30 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pada penelitian ini menunjukan hasil perbedaan antara nilai pre-test dan post-test. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukan  nilai 0,000 artinya lebih kecil dari  0,05. Dapat disimpulkan bahwa pemberian pendidikan kesehatan dengan media video animasi dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak dalam menggosok gigi.

Downloads

Published

2023-03-17

How to Cite

Wulandari, U. N., & Linggardini, K. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Anak Dalam Menggosok Gigi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 955–962. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12986