Penerapan Pendekatan Active Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SDN 123 Pekanbaru

Authors

  • Salsabila Salsabila Universitas Riau
  • Gustimal Witri Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12981

Abstract

Permasalahan ini didapati dari hasil observasi penulis terhadap siswa kelas 4 SD Negeri 123 Pekanbaru bahwa saat pembelajaran matematika, siswa masih kurang aktif saat menyelesaikan masalah yang diberikan dan Hasil belajar yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Active Learning. Model penelitian ini adalah penelitian tindakan (Action Research). Adapun pengumpulan data pada penelitian disini menggunakan metode observasi dan tes. Data diolah dengan menggunakan data kualitatif dan statistika sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam pembelajaran matematika perlunya membangun suasana yang menggembirakan dan dapat menarik minat belajar siswa sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Adapun dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan cara memberikan pertanyaan mengenai materi yang akan disampaikan. Siswa kemudian dapat menjawab pertanyaan yang diberikan sesuai dengan pendapatnya masing-masing. Maka dengan demikian siswa akan lebih mudah untuk memahami hubungan antar materi yang akan disampaikan.

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Salsabila, S., & Witri , G. . (2023). Penerapan Pendekatan Active Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SDN 123 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1466–1471. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12981