Penerapan Pendekatan Active Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SDN 123 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12981Abstract
Permasalahan ini didapati dari hasil observasi penulis terhadap siswa kelas 4 SD Negeri 123 Pekanbaru bahwa saat pembelajaran matematika, siswa masih kurang aktif saat menyelesaikan masalah yang diberikan dan Hasil belajar yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Active Learning. Model penelitian ini adalah penelitian tindakan (Action Research). Adapun pengumpulan data pada penelitian disini menggunakan metode observasi dan tes. Data diolah dengan menggunakan data kualitatif dan statistika sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam pembelajaran matematika perlunya membangun suasana yang menggembirakan dan dapat menarik minat belajar siswa sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Adapun dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan cara memberikan pertanyaan mengenai materi yang akan disampaikan. Siswa kemudian dapat menjawab pertanyaan yang diberikan sesuai dengan pendapatnya masing-masing. Maka dengan demikian siswa akan lebih mudah untuk memahami hubungan antar materi yang akan disampaikan.Downloads
Published
2023-03-21
How to Cite
Salsabila, S., & Witri , G. . (2023). Penerapan Pendekatan Active Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SDN 123 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1466–1471. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12981
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Salsabila Salsabila, Gustimal Witri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).