Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Lagu Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Pedurungan Kidul 01
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12860Abstract
Hasil belajar peserta didik akibat minat belajar peserta didik yang rendah. Pembelajaran belum menggunakan model dan media pembelajaran yang inovatif, mashie dominan menggunakan metode ceramah menjelaskan materi kemudian pembahasan soal-soal pada buku. Media pembelajaran yang kurang menarik mengakibatkan peserta didik cepat bosan. Dari 20 peserta didik di Kelas VI B, 65% peserta didik tidak tuntas dalam penilaian kognitif, dengan KKM yang telah ditetapkan yakni 80. Hal tersebut disebabkan oleh peserta didik merasa bosan selama proses pembelajaran pasca pandemi Covid-19. Tujuan umum dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning berbantu media lagu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas VI B SDN Pedurungan Kidul 01. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tujuan untuk melihat akibat dari suatu perlakuan. Pada penelitian eksperimen ini peneliti melakukan perlakuan dengan melakukan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbantu media lagu. pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media lagu berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri Pedurungan Kidul 01. Hal tersebut dibuktikan hasil signifikan antara kondisi awal dengan akhir hasil belajar siswa menggunakan ttes. Kategori hasil belajar siswa meliputi aspek kognitif dengan predikat sangat baik, aspek afektif dengan predikat sangat baik, aspek psikomotorik dengan sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mencapai lebih dari 85% yaitu dengan hasil 90%.Downloads
Published
2023-03-13
How to Cite
Pertiwi, . . W. D. D. ., Roshayanti, F., Untari, M. F. A., & Mulyani, . M. (2023). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Lagu Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Pedurungan Kidul 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 597–602. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12860
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Wening Desti Dian Pertiwi, Fenny Roshayanti, Mei Fita Asri Untari, Mulyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).