Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Mata Kuliah Konsep Arsitektur Menggunakan Model 4D

Authors

  • Safarena Salsabella Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Tuti Iriani Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Rosmawita Saleh Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12841

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata kuliah Konsep Arsitektur yang menghasilkan produk berupa e-modul menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan Thiagarajan 4D (Four-D) yang melalui 4 (empat) tahapan yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data, uji kelayakan produk melalui validasi ahli dan uji coba produk kepada mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Konsep Arsitektur. Analisis data validasi ahli dan uji coba produk menggunakan rumus nilai rata-rata. Hasil pengembangan bahan ajar berupa e-modul Konsep Arsitektur mendapatkan hasil validasi oleh ahli media dengan persentase kelayakan sebesar 94,45% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi dengan ahli materi mendapatkan persentase kelayakan sebesar 77,17% dengan kategori layak. Hasil respon mahasiswa terhadap uji coba produk media mendapatkan persentase kelayakan sebesar 86,70%  dengan kategori sangat layak.

Downloads

Published

2023-03-12

How to Cite

Salsabella, S. ., Iriani , T. ., & Saleh, R. . (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Mata Kuliah Konsep Arsitektur Menggunakan Model 4D. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 541–550. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12841