Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12803Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 012 Pasir Sialang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inkuiri dalam meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 012 Pasir Sialang. Penelitian ini dilaksanakan pada awal semester genap tahun ajaran 2021/2022 di SDN 012 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah sebanyak 21 orang siswa. Adapun objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan penerapan metode pembelajaran Inkuiri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data tersebut penulis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan model pembelajaran inkuiri di kelas V SDN 012 Pasir Sialang Kabupaten Kampar pada siklus I tergolong baik dengan rata-rata 73.71, selanjutnya dari 21 orang siswa hanya 13 (61.90%) yang mencapai ketuntasan secara individual. Hasil belajar siswa pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 79, dan dari 22 orang siswa terdapat 17 orang (80.96%) siswa yang mencapai ketuntasan secara individual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat menigkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V 012 Pasir Sialang Kabupaten Kampar.Downloads
Published
2022-02-28
How to Cite
Herniwati, H., Piliati, I. ., Putra, I., Kennedy, . J. ., Sesa, M. M. ., Ariyanti, M. ., Fatma, M. ., & Rissa, M. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 773–784. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12803
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Herniwati, Indros Piliati, Iwan Putra, Jhon Kennedy, Merya Melly Sesa, Mira Ariyanti, Mora Fatma, Mutia Rissa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).